KICKOFF PELATIHAN MEMASAK: Pelatihan membuat tempe sehat dari biji-bijian di sekitar kita

31 Oct 2023

Pada acara peresmian Sanggar Belajar Rusunawa Pulogebang (Sabtu, 28 Oktober 2023), bersamaan dengan itu diadakan pula sesi pelatihan memasak yang diinisiasi oleh Chloe Lembong & ibu Julie Lembong dengan menggandeng Ibu Karina Cheung  sebagai narasumber & praktisi perajin tempe. Sesi pelatihan yang diadakan di dalam ruang sanggar cukup mengundang perhatian dan antuasiasme ibu-ibu warga rusunawa.

Kegiatan pelatihan sangat komunikatif, santai dan menyenangkan, terlihat beberapa tanya jawab yang terjadi antara peserta dan narasumber. Perlu diketahui sesi ini adalah sesi awal sebagai pengenalan program, selanjutnya akan dilakukan pelatihan tehnis yang akan dibagi menjadi beberapa sesi.

Di akhir sesi ibu Julie Lembong menyerahkan bantuan beberapa paket biji-bijian yang nantinya akan digunakan sebagai media pelatihan selanjutnya.

Berikut adalah informasi singkat mengeai narasumber, ibu Karina Cheung adalah designer furniture (perabot rumah) yang kesehariannya juga berprofesi sebagai praktisi kesehatan.

Perjalanan Ibu Karina menjadi perajin tempe dimulai pada saat pandemic Covid-19, di mana pada waktu itu semua orang terpicu untuk hidup lebih sehat, menjaga stamina dan immune tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit. 

Awalnya beliau belajar membuat tempe agar bisa mendapatkan makanan lebih sehat dengan kandungan vitamin dan protein yang tetap terjaga. Berangkat dari itu lalu berkembang menjadi suatu rutinitas, akhirnya serius menjadi perajin tempe yang produknya telah dikenal banyak orang hingga saat ini.

Ibu Karina juga sangat antusias & bersemangat  mengkampanyekan penggunaan bahan hasil panen lokal, bahan- bahan yang mudah didapat di sekitar kita, terutama bahan-bahan dasar pembuatan tempe.